Punya Kartu Kredit? Hati-Hati Terhadap Carding  

Posted by .: Bayu On The Network :. in


Sebagaimana yang terjadi pada kemajuan di pelbagai bidang, kemajuan pada teknologi informasi, khususnya Internet, selain memberikan manfaat juga ternyata memberikan dampak negatif atas penyalahgunaannya.

Kejahatan Internet biasa disebut dengan cybercrime. Salah satu jenisnya yang banyak terjadi di Indonesia adalah pembajakan kartu kredit (carding). Carding dilakukan dengan bermacam modus dan metode, seiring berkembangnya juga piranti pengaman guna mencegah kejahatan internet.

Berikut adalah beberapa metode yang biasa digunakan pelaku carding :

1. Extrapolasi
Seperti yang diketahui, 16 digit nomor kartu kredit memiliki pola algoritma tertentu. Extrapolasi dilakukan pada sebuah kartu kredit yang biasa disebut sebagai kartu master, sehingga dapat diperoleh nomor kartu kredit lain yang nantinya digunakan untuk bertransaksi. Namun, metode ini bisa dibilang sudah kadaluwarsa, dikarenakan berkembangnya piranti pengaman dewasa ini.

2. Hacking
Pembajakan metode ini dilakukan dengan membobol sebuah website toko yang memiliki sistem pengaman yang lemah. Seorang hacker akan meng-hack suatu website toko, untuk kemudian mengambil data pelanggannya. Carding dengan metode ini selain merugikan pengguna kartu kredit, juga akan merugikan toko tersebut karena image-nya akan rusak, sehingga pelanggan akan memilih berbelanja di tempat lain yang lebih aman.

3. Software sniffer
Metode ini dilakukan dengan mengendus dan merekam transaksi yang dilakukan oleh seorang pengguna kartu kredit dengan menggunakan software. Hal ini bisa dilakukan hanya dalam satu jaringan yang sama, seperti di warnet atau hotspot area. Pelaku menggunakan software sniffer untuk menyadap transaksi yang dilakukan seseorang yang berada di satu jaringan yang sama, sehingga pelaku akan memperoleh semua data yang diperlukan untuk selanjutnya melakukan carding. Pencegahan metode ini adalah website e-commerce akan menerapkan sistem SSL (Secure Socket Layer) yang berfungsi mengkodekan database dari pelanggan.

4. Phising
Pelaku carding akan mengirim email secara acak dan massal atas nama suatu instansi seperti bank, toko, atau penyedia layanan jasa, yang berisikan pemberitahuan dan ajakan untuk login ke situs instansi tersebut. Namun situs yang diberitahukan bukanlah situs asli, melainkan situs yang dibuat sangat mirip dengan situs aslinya. Selanjutnya korban biasa diminta mengisi database di situs tersebut. Metode ini adalah metode paling berbahaya, karena sang pembajak dapat mendapatkan informasi lengkap dari si pengguna kartu kredit itu sendiri. Informasi yang didapat tidak hanya nama pengguna dan nomor kartu kreditnya, namun juga tanggal lahir, nomor identitas, tanggal kadaluwarsa kartu kredit, bahkan tinggi dan berat badan jika si pelaku carding menginginkannya.

Maka bagi yang memiliki atau berniat memiliki kartu kredit harus berhati-hati terhadap carding, dikarenakan pelaku carding juga terus mengembangkan metode pembajakan mereka.

Oleh : Atthur Virhan Fattah
sumber: beritanet.com

This entry was posted on Senin, 10 November 2008 at 01.34 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

10 komentar

Anonim  

[B]NZBsRus.com[/B]
Escape Slow Downloads With NZB Files You Can Swiftly Find High Quality Movies, PC Games, MP3s, Software & Download Them @ Accelerated Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]NZB[/B][/URL]

5 Februari 2010 pukul 13.07
Anonim  

Hey i'm new to this. I stumbled upon this message board I have found It extremely accessible & its helped me out so much. I should be able to give something back & aid other people like its helped me.

Thanks a load, Catch You Later.

9 Juni 2010 pukul 21.19
Anonim  

Finally the future of no danger smoking is here! It looks, feels & tasts like a real cigarette but it's not a traditional cigarette. It's called an electronic cigarette People who already have experienced this amazing smokeless device are amazed by it's performance which contains No Tar,Ash,Odor or Secondhand Smoke.

[URL=http://www.electroniccig.com][B]e cigarettes[/B][/URL]

15 Juni 2010 pukul 00.01
Anonim  

Hello,
We are very excited to announce the membership pre-registration launch of AllDayGiveaways.Com!
To kick off our membership drive, we are offering a no catch 16gb WiFi iPad contest. It is free to enter - just pre-register at www.alldaygiveaways.com.

[URL=http://www.alldaygiveaways.com][B]free sweepstakes[/B][/URL]

16 Juni 2010 pukul 07.59
Anonim  

Hiya i am fresh on here, I came accross this website I have found It truly useful and it's helped me out tons. I hope to give something back & support others like its helped me.

Cheers, Catch You About.

18 Juni 2010 pukul 22.54
Anonim  

Good Day i'm fresh to this. I stumbled upon this message board I have found It positively helpful and its helped me out tons. I hope to give something back and aid other people like it has helped me.

Cheers, Catch You Later.

20 Juni 2010 pukul 18.17
Anonim  

Howdy im fresh on here. I came upon this site I find It amply helpful & its helped me loads. I hope to contribute & assist other people like its helped me.

Thank's, See You Later.

20 Juni 2010 pukul 20.00
Anonim  

Good Day all, awsome forum I find It truly accommodating & its helped me a great deal
I hope to contribute and support others like this message board has helped me

23 Juni 2010 pukul 02.41
Anonim  

Hiya i am new on here. I came upon this website I find It positively accessible & its helped me alot. I should be able to give something back & support other users like it has helped me.

Thank You, Catch You Later.

23 Juni 2010 pukul 06.20
Anonim  

Howdy i'm new here. I came accross this site I have found It vastly useful and it has helped me a lot. I should be able to contribute and help others like its helped me.

Cheers, Catch You Around

23 Juni 2010 pukul 09.59

Posting Komentar

Check Page Rank of any web site pages instantly:
This free page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service


TommyBudiawan.Com